Advertisement

Responsive Advertisement

Cara Tanam Kapulaga Agar Buah Lebat

Cara Tanam Kapulaga

Selamat datang teman-teman tani maupun yang lagi ingin belajar bertani. Kami ucapkan selamat datang di halamana tanidulu.blogspot.com . Pada tulisan kali ini kami ingin membagikan sedikit ilmu yaitu cara tanam kapulaga yang benar. 

kapulaga


Mengenal Tanaman Kapulaga

Tanaman kapulaga merupakan jenis tanaman rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai obat atau ramuan herbal. Selain itu tanaman kapulaga juga bisa digunakan untuk bahan campuran masakan agar menimbulkan rasa hangat di tubuh ketika makanan di santap manusia. Tanaman kapulaga memiliki bentuk seperti tanaman lengkuas, dari bentuknya hampir serupa. Hanya pada bagian tunas bawah untuk jenis kapulaga tertentu berwarna merah. Tinggi dari tanaman ini kurang lebih berkisar antara 50-80 cm tergantung jenis dari tanaman kapulaga. 


Persiapan Tanam Kapulaga

Sebelum tanam kapulaga alangkah baiknya jika lakukan beberapa persiapan terlebih dahulu seperti:

1. Persiapkan lahan (persiapan ini meliputi penggemburan tanah, pencampuran pupuk dengan tanah). Perlu diingat bahwa tanaman kapulaga lebih mudah tumbuh tunas-tunas baru ketika berada pada tanah yang gembur.

2. Pemilihan bibit unggul, (Bibit kapulaga yang bagus ialah bibit yang memiliki tunsa besar, batang besar, dan daun yang segar).

Cara Tanam Kapulaga

kebun kapulaga


Berikut merupakan cara tanam kapulaga, agar buah lebat dan tanaman subur:

1. Pilah tanaman kapulaga menjadi beberapa grup, dimana satu grup usahakan minimal terdiri dari 3 tunas (hal ini bertujuan agar dalam perkembangannya nanti tanaman lebih cepat berbuah dan tidak terlalu lama dalama menunggu hingga siap panen)

2. Atur jarak penanaman, jarak penanaman yang dianjurkan yaitu kurang lebih 1m ( ini bertujuan agar area tanam tidak terlalu rapat dan menyebabkan cahaya yang masuk tidak terlalu banyak ).

3. Tanamlah bibit kapulaga sesuai dengan jarak yang sudah ditentukan

4. Buatlah model gunukan untuk tiap pangkal tanah yang ditanami kapulaga, sedikit padatkan agar tanaman kapulaga yang baru tidak mudah tumbang ketika terkena angin atau air hujan lebat

5. Tunggu selama satu minggu

6. Setelah satu minggu dari masa tanam, dan tanaman sudah terlihat hidup tambahkan pupuk ( boleh pupuk kompos, pupuk kandang atau pupuk lainnya )

7. Taburkan pupuk disekitar tanaman namun jangan terlalu dekat ( hal ini berguna untuk merangsang pertumbuhan akar kapulaga )

8. Setiap 2 bulan sekali lakukan perawatan dengan mencabut rumput yang tumbuh di sekitar tanaman kapulaga

9. Setiap 3 bulan sekali lakukan pemupukan agar tanaman tumbuh lebat

10. Tunggu sampai tanaman kapulaga berbunga, lama dari sejak tanam kurang lebih 4 bulan


Panen Kapulaga

Buah kapulaga dapat dipanen pada umur 6 bulan. Petiklah buah kapulaga yang sudah terlihat merah (ini menandakan bahwa kapulaga sudah matang dan siap petik). 

Perlu diingat setelah masa panen untuk melakukan penggemburan tanah kembali dan pastikan pangkal-pangkal tunas tanaman kapulaga dilakuak pengurukan, (ini akan memberikan dukungan agar tanaman kapulaga kembali tumbuh subur dan juga memicu tumbuhnya tunas baru).

Sekian cara tanam kapulaga agar berbuah lebat dan tanaman tumbuh subur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !
(amin:2021)

Posting Komentar

0 Komentar