Advertisement

Responsive Advertisement

Pot atau Kebun ? Pilih Mana Untuk Bercocok Tanam

Pot atau Kebun ? Pilih Mana Untuk Bercocok Tanam

Selamat datang kami ucapkan untuk sahabat tani sekalian. Pada kesempatan kali ini perkenankan kami untuk menuliskan artikel dengan judul Pilih Pot atau Kebun ? Mana yang cocok untuk bercocok tanam. Pada artikel-artikel sebelumnya kami juga mambahas mengenai pupuk tanah yang baik, pupuk alami yang murah dan aman. Mungkin beberapa materi tersebut akan berkaitan dengan pokok bahasan kali ini.

jeruk unik
sumber:kampustani.com

Definisi Media Tanam Pot

Pot merupakan wadah yang digunakan untuk menanam tanaman-tanaman mulai dari ukuran kecil sampai dengan tanaman yang memeiliki ukuran sedang. Ukuran kecil sendiri mulai dengan tinggi tanaman 10 cm dan sampai ukuran besar yaitu kurang lebih 100 cm. Pot haruslah diisi dengan media tanam untuk keperluan penanaman. Isian dari pot sendiri bisa dari berbagai jenis bahan diantaranya yaitu:

  • Tanah murni (tanpa campuran)
  • Campuran tanah dan pupuk
  • Campuran tanah dan pasir
  • Campuran tanah dan arang
  • Campuran tanah dan cocopeat (serbuk kelapa)
  • Campuran tanah dengan merang/ serbuk padi
  • Alasan Penggunaan Pot
sumber: artikel.rumah123.com


Penggunaan media wadah tanam pot bukan tanpa alasan, pasalnya dengan menggunakan pot orang lebih bebas dalam penempatan tanaman yang diinginkan. Mudah untuk dipindah-pindah dan juga fleksibel dalam penempatan. Tidak terkecuali dengan orang-orang yang berusaha di bidang tanaman hias kebanyakan menggunakan pot sebagai media tanam. Selain memberikan nilai rapi, saat perawatan tanaman menggunakan pot jauh lebih mudah. Selain itu kandungan nutrisi yang ada dalam pot jauh lebih terjaga dibandingkan dengan melakukan penanaman di media terbuka. Alasan lain penggunaan pot ialah kualitas akar dari tanaman yang ada dalam pot terbukti lebih bisa berkembang mekar dan mudah dalam penyerapan kebutuhan nutrisi tanaman dari tanah (akar tidak terlalu panjang menjalar kemana-mana).

Meski demikian namun perlu diingat bahwa melakukan penanaman dalam media tanam pot haruslah rajin-rajin menyiram, apalagi saat musim kemarau.Pastikan tanaman dilakukan penyiraman dua kali sehri agar tanah tidak benar-benar kering.

Definisi Media Tanam (Kebun/ Langsung)

Kebun merupakan lahan atau tempat yang digunakan oleh petani untuk didalamnya dilakukan penanaman, perawatan, dan panen. Dapat dikatakan sebagai kebun apabila memiliki luas diatas 5 x 10 m. Karna apabila dibawah nilai tersebut bisa dibilang masih dalam taraf lahan pekarangan. Yang dimaksud kebun sendiri adalah sebidang tanah yang akan atau sudah ditanami jenis tanaman tertentu, contoh: kebun kapulaga, berarti kebun ini berisi banyak tanaman kapulaga yang secara sengaja ditanam dan dirawat oleh petani. Keuntungan dari sistem kebun ialah tidak diperlukannya media tanam tanbahan, hanya perlu mengolah tanah yang ada dan melakukan penambahan pupuk untuk meningkatkan unsur hara dan juga kandungan nutrisi yang ada pada tanah. 

kebun kopi
sumber: freepik/jcomp

Yang perlu diperhatikan lebih untuk kebun dibandingkan dengan penanaman pada pot ialah pemeliharaan secara berkala. Pasalnya untuk kebun tidaak setiap hari kita bisa menjangkau merawat dan melihatnya secara langsung. Langkah antisipasi yang tepat ialah dengan membuat beberapa metode penanganan hama. Contoh kebun buah, dikarenakan musuh beratnya adalah ulat perlu adanya tahap pembungkusan menggunakan plastik berlubang untuk jenis-jenis buah tertentu seperti jambu misalnya. Agar buah jambu tidak dihinggapi lalat dan sejenisnya. Atau untuk jenis tanaman buah yang musuhnya adalah burung bisa menggunakan patung orang-orangan untuk menangkal burung mendekat, seperti halnya disawah. 

Keunggulan Tanam Langsung (tanah lepas)

Keunggulan lain yang bisa dirasakan ialah jumlah tanaman yang bisa di tanama di area kebun bisa mencapai ratusan bahkan ribuan. Dengan demikian untuk skala usaha, bisa memperhitungkan secara matang mulai dari modal yang dikeluarkan untuk tahap penanaman sampai dengan bisa untuk dipanen. Sebagai contoh bisa baca juga artikel terkait budidaya tanaman cabai

Kesimpulan

Bisa disimpulkan bahwa cocok mana antara menanam menggunakan pot atau kebun ? jawabannya kembali pada kebutuhan tanam dari petani. Untuk skala kecil lebih cocok menggunakan sistem pot, selain karna kandungan nutrisi yang tidak mudah hilang, perawatan untuk tanaman dalam pot jauh lebih mudah. Disisi lain untuk penanaman di area kebun membutuhkan perawatan ekstra dan juga pemeliharaan yang cukup lebih banyak seperti pemupukan dan penyiraman. Namun untuk jenis usaha seperti buah lebih cocok menggunakan area kebun untuk meminimalisasi biaya penggunaan media tanam.

Sekian untuk penjelasan perbandingan menggunakan pot atau media kebun dari tanidulu. Semoga sedikit bisa memberikan pemahaman untuk sahabat tani sekalian. Jangan lupa baca juga artikel kami hanya di tanidulu. (amin:2021)

Posting Komentar

0 Komentar